Membiasakan diri untuk bersedekah & berinfak

shares

Al-Ishlah │ Membiasakan diri untuk bersedekah dan berinfak - Anak-anak sebaiknya dibiasakan untuk berinfak dan bersedekah sejak dini baik di sekolahan maupun di rumah. Ini bertujuan untuk mendidik mereka agar sejak dini sudah terbiasa memberikan sebagian uang jajan demi kepentingan orang lain ataupun kepentingan lenbaga.

Contohnya, infak untuk menyumbang bencana alam, untuk membantu program beasiswa anak-anak yang kuang mampu dan sebagainya. Contoh lain yaitu ketika dirumah memberikan sedekah pada pengemis yang datang, berinfak ketika sholat Jum'at di Masjid, dan sebagainya.

Kegiatan berinfak di sekolahan agar lebih maksimal dan berkesinambungan, maka alangkah baiknya jika dibentuk kegiatan-kegiatan dalam Membiasakan diri untuk bersedekah dan berinfak sebagai berikut.

1. Setiap kelas memiliki kotak infak yang diedarkan seminggu sekali, hasilnya bisa untuk kepentingan jelas, untuk membantu siswa yang kurang mampu atau menyumbang untuk bencana alam yang terjadi disekitar kita. Dan setiap tahun sekolah bisa melaporkan hasil infak dan penyalurannya ke komite sekolah dan wali murid.

2. Mengumpulkan pakaian pantas pakai dan pengumpulan sembako untuk disumbangkan ke panti asuhan untuk korban bencana alam. Kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin tahunan pada saat Haflah Akhirus Sanah (Akhir tahun ajaran).

3. Mengadakan pekan buku disekolah dengan agenda acara pengumpulan buku bacaan atau buku sekolah yang sudah tidak terpakai dari siswa, buku-buku yang sudah terkumpul diserahkan ke perpustakaan sekolah untuk menambah koleksi bacaan di sekolah tersebut, atau bisa juga disumbangkan ke sekolah lain.

4. Mengadakan infak Qurban setiap menjelang hari raya idul Adha.

5. Pengumpulan zakat fitrah setiap bulan Ramadhan bagi setiap siswa.

Hal ini bisa di laksanakan oleh sekolah atau Madrasah dengan langsung melibatkan siswa dan wali murid agar mereka dapat belajar secara aralami dalam menanamkan sikap, khususnya untuk membiasakan siswa siswi kita dalam gemar berinfak dan bersedekah untuk kepentingan orang lain.

Demikian Artikel hari ini tentang Membiasakan diri untuk bersedekah dan berinfak. Semoga bermanfaat. Aamiin

Related Posts

0 komentar: