Pengertian Tasamuh dan Ta'awun Dalam Islam

shares

Pengertian Tasamuh dan Ta'awun Dalam Islam


Al-Ishlah │ Pengertian Tasamuh dan Ta'awun Dalam Islam.


TASAMUH

Pengertian : 

= Bahasa : Sama-sama berlaku baik, saling berbuat baik (toleran dan tenggang rasa). 

=Pengertian: Upaya untuk sama-sama berbuat baik dan saling berbuat baik.






Tasamuh menurut bahasa adalah toleransi. Tasamuh menurut istilah adalah "sama-sama berlaku baik, lemah lembut dan saling pemaaf. "Dalam pengertian istilah umum, tasamuh adalah "sikap akhlak terpuji dalam pergaulan, di mana terdapat rasa saling menghargai antara sesama manusia dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran Islam."


Dalil : = (Q.S. al-Bukhari no. 2283) 


Sikap tasamuh perlu dibangun dalam diri setiap individu karena agar tidak terjadi benturan antara keinginan dan kepentingan antar sesama manusia. Dengan tasamuh dapat menjauhkan diri dari sifat kesombongan dan keangkuhan. Baca Artikel Tentang Aqidah Akhlak

Sikap Positif : = Sikap positif Tasamuh dalam pergaulan remaja, antara lain : Tidak mengganggu ketenangan tetangga; Tidak melarang tetangga apabila ingin menanam pohon di batas kebunnya; Menyukai sesuatu buat tetangganya sebagaimana ia menyukai buat dirinya sendiri. 

Dampak Positif : = Dampak-dampak Tasamuh dalam pergaulan remaja, antara lain : Terwujudnya kesatuan dan persatuan generasi muda; Terjalinya hubungan batin hidup yang mesra antar sesama remaja; Terwujudnya kehidupan yang rukun dan damai; Tercapainya ketenteraman batin hidup bersama. 

Contoh : = Contoh Tasamuh dalam pergaulan remaja : ~Haidar ingin membeli kendara’an baru, tetapi belum terlaksana. Apabila Adi, tetangga Haidar membeli kendara’an baru, Haidar pun harus ikut merasa senang karena ia sendiri juga ingin membeli kendara’an baru.

Baca juga artikel tentang Pengertian Ghibah dalam islam

TA’AWUN

Pengertian :
= Bahasa : Saling menolong. 
= Istilah : Upaya untuk saling menolong. 

Ta`awun adalah tolong-menolong antar sesama umat manusia dalam hal kebaikan, supaya saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bersama.

Dalam firman-nya Allah menyerukan :


وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى . وَلاَتَعَاوَنُوا عَلَى اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ


“Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-nya” {Q.S. al-Ma-`idah/5:2}

Sikap Positif : 

= Sikap positif Ta’awun dalam pergaulan remaja, antara lain : Memberi bantuan seseorang; Menjenguk Seseorang yang sakit; Meringankan penderita’an seseorang; Menutupi Aib seseorang. 


Dampak Positif : 


= Dampak-dampak Ta’awun dalam pergaulan remaja, antara lain : Terwujudnya kesatuan dan persatuan generasi muda; Terjalinya hubungan batin hidup yang mesra antar sesama remaja; Terwujudnya kehidupan yang rukun dan damai; Tercapainya ketenteraman batin hidup bersama. 


Contoh :


= Contoh Ta’awun dalam pergaulan remaja : ~ Pada suatu hari, Haidar sakit gigi. Sangking sakitnya, Haidar sampai semaput. Pada sa’at itu Haidar di rawat di rumah sakit. Setelah Haidar dibawa ke rumah sakit, Adi menjenguk Haidar. Dan pada sa’at itu. Adi membawakan makanan untuk Haidar agar lekas sembuh. ~ Pada suatu hari Haidar bermain bola di pinggir rumahnya. Tiba-tiba, Haidar terjatuh di got danpada sa’at itu Haidar di tolong oleh Adi. Setelah itu, Adi membawa Haidar ke rumah sakit.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca juga Artikel Selanjutnya Orang-Orang yang Terlarang Dan Tidak Berhak Menerima Zakat

Related Posts

0 komentar: