Isi Kandungan Surah Al-Kautsar

|

Al-Ishlah │ Surat Al Kautsar terdiri atas 3 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah diturunkan sesudah surat Al 'Aadiyaat. Dinamai Al Kautsar (nikmat yang banyak) diambil dari perkataan Al Kautsar yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Surat ini sebagai penghibur hati Nabi Muhammad s.a.w.

Surat ini menganjurkan agar orang selalu beribadah kepada Allah dan berkorban sebagai

tanda bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan-Nya.

Surah Al-Kautsar berisi penjelasan tentang nikmat yang banyak. Nikmat yang dirasakan manusia dan semua makhluknya berasal dari Allah Swt. Kita harus mensyukuri nikmat itu dengan cara rajin beribadah, tekun melaksanakan sholat dan bersedekah. Juga beramal sholeh membantu orang yang susah. Seperti menyembelih binatang kurban dan membagikan kepada fakir miskin.

Anugerah Allah yang dikaruniakan kepada manusia sangatlah banyak. Jumlah tidak dapat dihitung karena terlalu banyak. Misalnya, manusia diberi mata untuk melihat sehingga tidak menabrak barang dan tidak tersesat ketika berjalan. Manusia diberi dua tangan dan kaki sehingga dapat bekerja dan berjalan. Allah menciptakan matahari dapat memberikan cahaya terang menyinari dunia sehingga dunia ini menjadi hidup.

Allah telah melimpahkan nikmat yang banyak karena itu bersembahyang dan berkorbanlah; Nabi Muhammad s.a.w. akan mempunyai pengikut yang yang banyak sampai hari kiamat dan akan mempunyai nama yang baik di dunia dan di akhirat, tidak sebagai yang dituduhkan pembenci pembencinya.

Related Posts

0 komentar: