Misi Hidup Manusia atau Risalah Hidup Manusia

shares

رسالة الإنسان 


Al-Ishlah │ Manusia diciptakan untuk ibadah (al ibadah) kepada Allah swt.[QS. 51:56, 2:21, 2:183, 63:8]. Jika ia menunaikan tujuan penciptaanya maka ia akan menjadi insan yang bertakwa (attaqwa) dan memperoleh kemuliaan sejati (al izzah), yang dengan itu tepatlah jika ia menyandang amanah kekhalifahan di bumi (al khilafah). [QS. 2:30]. Dengan kekhalifahan yang berwibawalah manusia dapat menunaikan fungsinya dengan baik yaitu:

  1. Pemamkmuran bumi (al 'imarah) [QS. 3:104 dan 110]: Pemakmuran itu berupa pembangunan segala bidang baik materil (al madiyah) maupun spritual (ar ruhaniyah) secara proporsional. Islam memberikan arahan (taujihat) dan hukum (tasyri') yang sinergis, sehingga pembangunan itu mencapai peradaban (al hadharah) yang bermoral dan moralitas (al akhlaq) yang berperadaban.
  2. Pemeliharaan (ar ri'ayah)[QS. 2.218, 18:110, 76:7]: Menjaga dan memelihara keseimbangan ekosistem alam semesta dilakukan secara materil (al madiyah) maupun sprituil (ar ruhaniyah), melalui pendekatan targhib (harapan imbalan) berupa pahala (al jaza') bagi yang konsisten, dan tarhib (ancaman) berupa hukuman (al 'uqubah) bagi yang melanggar.
  3. Perlindungan (al hifzh): Khilafah berfungsi melindungi 5 hak asasi manusia yaitu : agama/aqidah (ad din), jiwa (an nafs), akal (al aql), harta (al mal), dan keturunan/kehormatan (an-nasab). Tugas ini sangat berat dan hanya dapat dilaksanakan apabila khilafah memiliki kewibawaan menegakkan amar ma'ruf nahi munkar [QS. 3:104 dan 110]. Amar ma'ruf nahi munkar adalah upaya untuk menunjukkan bahwa kebenaran itu benar dan menegakkannya di tengah kehidupan, menunjukkan kebathilan itu bathil dan menumbangkannya bersama-sama.[QS. 8:8]. Khilafah dapat menunaikan tugas itu jika ia memiliki kekuatan. Karena itu menyiapkan kekuatan pada diri umat Islam adalah wajib hukumnya (annasirul quwwatil islamiyah).[QS.8:60, 3:103, 2:256, 5:54-56, 17:36, 61:4, 49:15, 9:111].


Adapun anasir kekuatan Islam itu adalah:
  • Kekuatan aqidah (quwwatul aqidah)
  • Kekuatan akhlak (quwwatul akhlaq)
  • Kukuatan jamaah quwwatul jama'ah)
  • Kekuatan ilmu (quwwatul 'ilm)
  • Kekuatan harta (quwwatul mal)
  • Kekuatan jihad (quwwatul jihad)


Related Posts

0 komentar: