Tiga Wasiat Penting Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam

|

Al-Ishlah │ ONE DAY ONE HADIST Senen, 16 Oktober 2017 / 26 Muharram 1439



Tiga Wasiat Penting  Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ بِصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ [رواه البخاري ومسلم]

“Abu Hurairah berkata: ‘Kekasihku, Rasulullah saw telah berwasiat kepadaku tiga perkara: pertama agar selalu melakukan puasa tiga hari setiap bulan, kedua, agar melakukan shalat Dhuha dua rakaat dan ketiga, agar aku selalu melakukan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari).

Pelajaran yang terdapat dalam hadits:

1- Dalam hadits di atas disebutkan bahwa wasiat tersebut untuk Abu Hurairah, dan apakah itu juga berarti wasiat untuk kita semua? Jawabannya iya. Sekalipun redaksi haditsnya ditujukan untuk Abu Hurairah, akan tetapi hukumnya berlaku untuk umum, untuk kita semua. 
2- Karena petunjuk kepada salah seorang sahabat, merupakan petunjuk juga untuk semua orang selama tidak ada dalil yang mengkhususkannya. Oleh karena itu, wasiat di atas hakikatnya ditujukkan untuk kita semua juga.
3- Untuk lebih jelas dan detailnya, berikut dari tiga wasiat di atas, sehingga lebih jelas dan dapat dengan mudah diamalkan.
1. Puasa tiga hari setiap bulan
Puasa merupakan di antara amal ibadah yang sangat mulia dan utama.
Tiga hari berpuasa setiap bulan ulama berbeda pendapat tapi kalau mau memilih,  setiap tanggal 13, 14 dan 15, atau yang sering disebut dengan puasa bidh (puasa bulan purnama) di mana bulan sedang memancarkan cahayanya dengan terang. 
2. Melaksanakan Shalat Dluha.
Shalat Dluha termasuk shalat sunnat yang sangat dianjurkan. Para ulama menghukuminya sebagai shalat Sunnat Mu’akkadah, artinya shalat sunnat yang sangat dianjurkan dan hukumnya berada sedikiti di bawah wajib.
3. Melakukan Shalat Witir
Secara bahasa Witir berarti ganjil (al'adad al-fardi). Sedangkan secara istilah, Shalat Witir berarti shalat Sunnat yang jumlah rakaatnya ganjil yang dapat dilakukan di antara waktu shalat Isya dengan waktu sebelum Shalat Shubuh, dan dilakukan sebagai penutup dari shalat malam juga bisa dilakukan sebalum shalat malam.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:

- Diantara balasan orang yang berpuasa, ampunan dan pahala yang besar.

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا 

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar untuk mereka. [ Al Ahzab : 35]

Baca artikel tentang Al-Qur'an Hadits
Baca artikel tentang Kajian Islam
Baca artikel tentang

Baca juga Artikel Selanjutnya

Related Posts

0 komentar: