Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surga dan Neraka Begitu Dekat

Al-Ishlah │ONE DAY ONE HADIST Jumat, 6 Oktober 2017/ 16 Muharram 1439







Surga dan Neraka Begitu Dekat


عن ابن مسعود رضي الله عنه قَالَ: قَالَ النَّبيّ صلى الله عليه وسلم: ((الجَنَّةُ أَقْرَبُ إِلَى أَحَدِكُمْ مِنْ شِرَاكِ نَعْلِهِ، وَالنَّارُ مِثلُ ذلِكَ)). رواه البخاري.


Dari Ibnu Mas'ud Radhialluhu 'anhu. katanya: "Nabi Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Syurga itu lebih dekat pada seseorang di antara engkau sekalian daripada ikat terumpahnya, neraka pun demikian pula." (Riwayat Bukhari)


Pelajaran yang terdapat dalam hadits:


1- untuk mencapai surga atau neraka itu mudah sekali.

2- Jika seseorang ingin mendapatkan surga tentulah wajib mempunyai kesengajaan yang benar, melakukan ketaatan dan kebaktian kepada Tuhan, melaksanakan semua perintah dan menjauhi semua laranganNya. Tetapi jika ingin memasuki neraka, tentulah dengan jalan mengikuti apa saja yang menjadi kehendak hawa nafsu, menuruti kemauan syaitan dan melakukan apa saja yang berupa kemaksiatan dan kemungkaran.



Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:



- Orang-orang yang berada dineraka dan di surga dengan segala sifatnya



فَأَمَّا مَنْ طَغَى()وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا () فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَى () وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى () فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى ()

Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal (nya). Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya). (An-Nazi'at: 37-38 39-40-41)




Baca juga Artikel Selanjutnya ..

Posting Komentar untuk "Surga dan Neraka Begitu Dekat "