Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Allah Tidak Menyia-nyiakan Orang yang Bersungguh-sungguh

Al-Ishlah │ONE DAY ONE HADIST - Kamis, 5 Oktober 2017/ 15 Muharram 1439







Allah Tidak Menyia-nyiakan Orang yang Bersungguh-sungguh


«عن أنس رضي الله عنه عن النَّبيّ صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربّه عز وجل قَالَ: ((إِذَا تَقَربَ العَبْدُ إلَيَّ شِبْرًا تَقَربْتُ إِلَيْه ذِرَاعًا، وَإِذَا تَقَرَّبَ إلَيَّ ذِرَاعًا تَقَربْتُ مِنهُ بَاعًا، وِإذَا أتَانِي يَمشي أتَيْتُهُ هَرْوَلَةً)). رواه البخاري.


Dari Anas rodhiallohu anhu berkata, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam meriwayatkan dari Robnya 'Azza wa Jalla berfirman:


"Jikalau seseorang hamba itu mendekat padaKu sejengkal, maka Aku mendekat padanya sehasta dan jikalau ia mendekat padaKu sehasta, maka Aku mendekat padanya sedepa. Jikalau hamba itu mendatangi Aku dengan berjalan, maka Aku mendatanginya dengan bergegas-gegas." (Riwayat Bukhari)



Pelajaran yang terdapat dalam hadits:


1- Hadist yang tercantum di atas itu adalah sebagai perumpamaan belaka, baik bagi Allah atau bagi hambaNya.

2- Jadi maksudnya ialah barangsiapa yang mengerjakan ketaatan kepada Allah sekalipun sedikit, maka Allah akan menerima serta memperlipat-gandakan pahalanya, juga pelakunya itu diberi kemuliaan olehNya selama di dunia sampai di akhirat.

3- Makin besar dan banyak ketaatannya, makin pula besar dan bertambah-tambah pahalanya.

4- Manakala cara melakukan ketaatan itu dengan perlahan-lahan, Allah bukannya memperlahan atau memperlambatkan pahalanya, tetapi bahkan dengan segera dinilai pahalanya itu dengan penilaian yang luar biasa tingginya.

Demikianlah tujuan dan makna yang tersirat dalam isi Hadis tersebut.




Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:


- Semua apa yang mereka perbuat itu dari kebaikan Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan menyia-nyiakan bahkan Allah akan memberikan balasan yang lebih baik.




وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

[Surat Al-Muzzammil 20].




Baca juga Artikel Selanjutnya ..

Posting Komentar untuk "Allah Tidak Menyia-nyiakan Orang yang Bersungguh-sungguh"