Modal kesuksesan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekkah

|

Modal kesuksesan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekkah


Al-Ishlah Modal kesuksesan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekkah - Kesuksesan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekkah dalam mengembangkan dakwahnya dengan segala tantangan dan ancaman dari Masyarakat Quraisy. Tantangan tersebut tidak menghalangi beliau untuk menghentikan dakwahnya. Perjuangannya terus dilakukan sehingga pengikutinya terus bertambah. 



Maka untuk keberhasilan tersebut tidak lepas dari karakter yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw., karakter-kerakter tersebut adalah sbb :


1. Sabar

Nabi Muhammad Saw memiliki kesabaran dalam menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik dari keluarga maupun masyarakat Mekkah. Sikap sabar menjadi modal utama Nabi Muhammad untuk terus berdakwah dan tidak pernah putus asa.

2. Kegigihan dan keuletan

Nabi Muhammad Saw memiliki kegigihan dan keuletan dalam menyebarkan Islam, baik kepada keluarga maupun masyarakat Mekkah. Kegigihan dan keuletan menghadapi segala rintangan yang dihadapi.

Baca juga artikel tentang Dakwah rahasia (Sirriyah) Nabi Muhammad SAW

3. Berakidah yang benar dan kuat

Karakter ini menjadi modal utama dalam dakwah Nabi Muhammad. Beliau menyakini akan janji Allah Swt. Beliau tidak pernah ragu akan janji Allah yang akan melindungi dakwanya.

4. Akhlak terpuji dan menjauhi kemungkaran

Nabi Muhammad Saw sudah terkenal dengan :Al Amin” sebelum diangkat jadi Nabi dan Rasul. Masyarakat Quraisy sudah mengakui kebaikan dan kejujuran Nabi Muhammad Saw. Sehingga ketika Nabi Muhammad Saw diangkat jadi Nabi dan Rasul, semua orang tidak bisa menolak akan kebenaran dakwanya. Tapi karena kesombongan dan keangkuhan menjadi masyarakat Quraisy menolak dakwahnya.

5. Kesetaraan Derajat

Nabi Muhammad Saw. menjunjung tinggi persamaan derajat sesama manusia. Tidak ada perbedaan antara bangsawan dan budak, antara yang kaya dan miskin. Perbedaanya pada keimanan. Karakter ini membuat semua orang merasa nyaman dan diakui secara sama.

Semoga menginspirasi sahabat semua. terima kasih

Baca juga Artikel Selanjutnya Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habsyi

Related Posts

0 komentar: