Meneladani Keperwiraan Rasulullah saw dalam Membina Madinah

|

Meneladani Keperwiraan Rasulullah saw dalam Membina Madinah

Al-Ishlah │ Dalam meneladani keperwiraan Rasulullah saw. sekurang-kurangmya ada 6 faktor yang patut kita teladani dari perjuangan yang dilaksanakan oleh Rasulullah saw. dengan para sahabatnya demi mencapai kejayaan di dunia dan di akhirat.



1. Perancangan yang matang


2. Kerjasama yang baik


3. Pengorbanan yang besar


4. Keikhlasan yang tulus


5. Persaudaraan yang indah


6. Kebanggaan sebagai Muslim



Selain enam faktor di atas ada beberapa kebijakan beliau yang luar biasa, sebagai berikut:


# Membuat Piagam Madinah

Ada upaya Rasulullah dalam upaya membangun masyarakat Madinah, yaitu dengan meletakkan Piagam Madinah sebagai piagam perdamaian. Akhirnya kita melihat bahwa piagam Madinah ini menjadi strategis dalam membangun sebuah bangsa yang kokoh. Piagam Madinah ini memberikan landasan persyaratan minimal adanya suatu negara dan memberikan kedudukan. Rasulullah saw. sebagai pemimpin Negara Madinah yang mengayomi semua masyarakatnya baik Islam maupun non Islam. Piagam Madinah diakui sebagai bentuk perjanjian dan kesepakatan bersama bagi membangun masyarakat Madinah yang plural, adil, dan peradaban.


# Membangun Sistem Pertahanan

Untuk melengkapi sistem yang seharusnya dimiliki oleh suatu negara, maka dibuatlah suatu kelengkapan pertahanan agama. Pertahanan agama ini dilandasi Q.S Al-Anfal ayat 60 yang artinya:

"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang di tambat untuk berperang kamu menggetarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang yang tidak kamu ketahui, sedangkan Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan di balas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan sianiaya (dirugikan)."(Q.S 8: 60)


# Membentuk Majlis Syuro

Allah sewt. dalam Qur'an surat At-Thalaaq ayat 6 memberikan amanah kepada Rasulullah saw. dan umatnya untuk menyelesaikan perkara-perkara yang dihadapi dengan bermusyawarah, ".... dan musyawarahkanlah diantara kamu (segala sesuatu), dengan bauk; ...... " (Q.S 65:6)

Dilandasi ayat ini pulalah akhirnya Rasulullah melakukan pembentukan Majlis Syuro . Untuk mempermudah pengelolaan negara maka semenjak tahun ke-6 hijriah dibentuklah Sekertariat Negara sebagai pusat pengelolaan negara.


# Membangun Sarana Perekonomian

Rasulullah bahwa dalam membangun dan memakmurkan masyarakat mengadakan sistem perekonomian, yaitu melalui perdagangan dengan membangun pasar sebagai sentral perdagangan. Bahkan, pada waktu itu Madinah menjadi sentral perdagangan dunia.

Search: meneladani keperwiraan rasulullah saw, keperwiraan rasulullah saw, keperwiraan rasulullah dalam memimpin perang, bagaimana rasulullah membina masyarakat madinah, cara rasulullah membina masyarakat madinah, rasulullah membina masyarakat madinah, usaha rasulullah membina masyarakat di madinah, kunci keberhasilan rasulullah dalam membina masyarakat madinah, strategi dakwah rasulullah dalam membina masyarakat madinah, keteladanan rasulullah dalam membina umat madinah.

Related Posts

0 komentar: