Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fadhilah Ayat Kursi Dan Surat Al-Ikhlas Menurut Hadits Nabi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Al-Ishlah │ Pengetahuan Dan Fadhilah Ayat-Ayat Al-Qur'an -  Fadhilah Ayat Kursi Dan Surat Al-Ikhlas Menurut Hadits Nabi

1. Satu Ayat Yang Mengantarkan Ke Surga



Tanya:

Rasulullah saw. pernah memeberitahukan kepada kami suatu ayat dalam sebuah surat yang sangat agung, barangsiapa membacanya pada setiap selesai shalat, maka tidak akan ada penghalang antara dirinya dengan surga selain kematian. Apakah ayat Al-Qur'an tersebut ?

Jawab:

Ayat itu adalah Ayat Kursi. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.: مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ، لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةَ إِلا الْمَوْتُ "Barangsiapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, maka tidak ada penghalang antara dirinya dengan masuk surga selain kematian." [1].

Redaksi Ayat Kursi (S.Al-Baqarah: 255)


ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَىُّ ٱلۡقَيُّومُ‌ۚ لَا تَأۡخُذُهُ ۥ سِنَةٌ۬ وَلَا نَوۡمٌ۬‌ۚ لَّهُ ۥ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَمَا فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشۡفَعُ عِندَهُ ۥۤ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦ‌ۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىۡءٍ۬ مِّنۡ عِلۡمِهِۦۤ إِلَّا بِمَا شَآءَ‌ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضَ‌ۖ وَلَا يَـُٔودُهُ ۥ حِفۡظُهُمَا‌ۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِىُّ ٱلۡعَظِيمُ 

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus [makhluk-Nya]; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi [4] Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (255).



2. Dibangunkan Istana Karena Satu Surat Al-Qur'an

Tanya:

Rasulullah saw. memberitahukan kepada kita, satu surat Al-Qur'an yang barangsiapa membacanya sepuluh kali, maka Allah Ta'ala akan membangunkan baginya istana di dalam surga. Surat apakah yang dimaksud ?

Jawab:

Surat tersebut adalah surat Al-Ikhlas. Sebagaimana dijelaskan Rasulullah saw. dalam sabdanya: "Barangsiapa membaca Qul huwallahu Ahad (surat Al-Ikhlas) hingga akhir sebanyak sepuluh kali, Allah Ta'ala akan membangunkan baginya istana di surga."[2].

Rasulullah saw. juga bersabda: 

"Barangsiapa membaca Qul huwallahu Ahad, sebanyak sepuluh kali, Allah akan membangunkan rumah baginya di surga." [3].

Redaksi Surat Al-Ikhlas 


قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ (١) ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ (٢) لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ (٣) وَلَمۡ يَكُن لَّهُ ۥ ڪُفُوًا أَحَدٌ (٤

Artinya:

Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, (1) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (2) Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, (3) dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia". (4).


ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ 





“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.” 


Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.


Sumber:


1001 Tanya-Jawab Tentang Al-Qur'an, hal.6; 12-13,Qasim Asyur, Penerbit: Pustaka Al-Kautsar.

[1]. Lihat buku Silsilatul-Ahadits Ash-Shahihah, Al-bani, 972.

[2]. Lihat buku Silsilatul-Ahadits Ash-Shaihiah, Al-bani, 589.

[3]. Lihat buku Shahih Al-Jami'ush-Shaghir, Al-Bani, 6472.

Posting Komentar untuk "Fadhilah Ayat Kursi Dan Surat Al-Ikhlas Menurut Hadits Nabi"