Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Intisari dan Nasakh Pada Surat Az-Zumar Sampai Juz 'Amma


Al-Ishlah │ Daftar Intisari dan Nasakh Pada Surat Az-Zumar Sampai Juz 'Amma

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم




                                                         
[39] AZ-ZUMAR (7 Ayat)
1  إِنَّ ٱللَّهَ يَحۡكُمُ بَيۡنَهُمۡ فِى مَا هُمۡ فِيهِ يَخۡتَلِفُونَ‌ۗ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. (Q.S. Az-Zumar: 3). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 قُلۡ إِنِّىٓ أَخَافُ إِنۡ عَصَيۡتُ رَبِّى عَذَابَ يَوۡمٍ عَظِيمٍ۬ لِّيَغۡفِرَ لَكَ ٱللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنۢبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ ...
Katakanlah: "Sesungguhnya aku takut akan siksaan hari yang besar jika aku durhaka kepada Tuhanku". (Q.S. Az-Zumar: 13) supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang ...(Q.S. Al-Fath: 2).
3 فَٱعۡبُدُواْ مَا شِئۡتُم مِّن دُونِهِۦ‌ۗ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka sembahlah olehmu [hai orang-orang musyrik] apa yang kamu kehendaki selain Dia maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
4  وَمَن يُضۡلِلِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُ ۥ مِنۡ هَادٍ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya. (Q.S> Az-Zumar: 23) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
5 قُلۡ يَـٰقَوۡمِ ٱعۡمَلُواْ عَلَىٰ مَكَانَتِڪُمۡ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Katakanlah: "Hai kaumku, bekerjalah sesuai dengan keadaanmu, (Q.S. Az-Zumar: 39). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
6  أَنتَ تَحۡكُمُ بَيۡنَ عِبَادِكَ فِى مَا كَانُواْ فِيهِ يَخۡتَلِفُونَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
 Engkaulah Yang memutuskan antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang selalu mereka memperselisihkannya". (Q.S. Az-Zumar: 46) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
7  فَمَنِ ٱهۡتَدَىٰ فَلِنَفۡسِهِۦ‌ۖ وَمَن ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ عَلَيۡهَا‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
siapa yang mendapat petunjuk, maka [petunjuk itu] untuk dirinya sendiri, dan siapa yang sesat maka sesungguhnya dia semata-mata sesat buat [kerugian] dirinya sendiri (Q.S. Az-Zumar: 41). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[40] AL-MU'MIN (2 Ayat)
1 فَٱصۡبِرۡ إِنَّ وَعۡدَ ٱللَّهِ حَقٌّ۬ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, (Q.S. Al-Mu'min: 55). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 فَٱصۡبِرۡ إِنَّ وَعۡدَ ٱللَّهِ حَۚقٌّ۬ فَإِمَّا نُرِيَنَّكَ بَعۡضَ ٱلَّذِى نَعِدُهُمۡ ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar; maka meskipun Kami perlihatkan kepadamu sebagian siksa yang Kami ancamkan kepada mereka ...(Q.S. Al-Mu'min: 77). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[41] FUSHSHILAT (1 Ayat)
1 وَلَا تَسۡتَوِى ٱلۡحَسَنَةُ وَلَا ٱلسَّيِّئَةُ‌ۚ  ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan ... (Q.S.Fushshilat: 34). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[42] ASY-SYURA (8 Ayat).
1  يُسَبِّحُونَ بِحَمۡدِ رَبِّہِمۡ وَيَسۡتَغۡفِرُونَ لِمَن فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۗ  ... يُسَبِّحُونَ بِحَمۡدِ رَبِّہِمۡ وَيُؤۡمِنُونَ بِهِۦ وَيَسۡتَغۡفِرُونَ لِلَّذِينَ ءَامَنُواْ
dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhannya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi. (Q.S. Asy-Syura: 5). Mereka bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman ... (Q.S. Al-Mu'minun: 7).
2 حَفِيظٌ عَلَيۡہِمۡ وَمَآ أَنتَ عَلَيۡہِم بِوَكِيلٍ۬ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Allah mengawasi [perbuatan] mereka; dan kamu [ya Muhammad] bukanlah orang yang diserahi mengawasi mereka. (Q.S. As-Syura: 6) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
3 فَلِذَٲلِكَ فَٱدۡعُ‌ۖ وَٱسۡتَقِمۡ ڪَمَآ أُمِرۡتَ‌ۖ وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَآءَهُمۡ‌ۖ قَـٰتِلُواْ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَلَا بِٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ ...
Maka karena itu serulah [mereka kepada agama itu] dan tetaplah sebagaimana diperintahkan kepadamu dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka (Q.S. Asy-Syura: 15). Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak [pula] kepada hari kemudian ... (Q.S. At-Taubah: 29).
4 مَن كَانَ يُرِيدُ حَرۡثَ ٱلۡأَخِرَةِ نَزِدۡ لَهُ ۥ فِى حَرۡثِهِۦ‌ۖ مَّن كَانَ يُرِيدُ ٱلۡعَاجِلَةَ عَجَّلۡنَا لَهُ ۥ فِيهَا مَا نَشَآءُ لِمَن نُّرِيدُ
Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya ...(Q.S. Asy-Syura: 20). Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang [duniawi], maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki ... (Q.S. Al-Isra': 18).
5  قُل لَّآ أَسۡـَٔلُكُمۡ عَلَيۡهِ أَجۡرًا إِلَّا ٱلۡمَوَدَّةَ فِى ٱلۡقُرۡبَىٰ‌ۗ  قُلۡ مَا سَأَلۡتُكُم مِّنۡ أَجۡرٍ۬ فَهُوَ لَكُمۡۖ 
Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan".(Q.S. Asy-Syura: 23). Katakanlah: "Upah apapun yang aku minta kepadamu, maka itu untuk kamu.... (Q.S. Saba': 47).
6&7 وَٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَابَہُمُ ٱلۡبَغۡىُ هُمۡ يَنتَصِرُونَ 
Dan [bagi] orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan zalim mereka membela diri. (Q.S. Asy-Syura: 39) وَلَمَن صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَٲلِكَ لَمِنۡ عَزۡمِ ٱلۡأُمُورِ
وَلَمَنِ ٱنتَصَرَ بَعۡدَ ظُلۡمِهِۦ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ مَا عَلَيۡہِم مِّن سَبِيلٍ  Tetapi orang yang bersabar dan mema’afkan sesungguhnya [perbuatan] yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan. (Q.S. Asy-Syura: 43)
Dan sesungguhnya orang-orang yang membela
diri sesudah teraniaya, tidak ada suatu dosapun
atas mereka. (Q.S. Asy-Syura: 41)
8 فَإِنۡ أَعۡرَضُواْ فَمَآ أَرۡسَلۡنَـٰكَ عَلَيۡہِمۡ حَفِيظًا‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Jika mereka berpaling maka Kami tidak mengu-
tus kamu sebagai pengawas bagi mereka. (Q.S. Asy-Syura: 48).
maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[43] AZ-ZUKHRUF (2 Ayat).
1 فَذَرۡهُمۡ يَخُوضُواْ وَيَلۡعَبُواْ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka biarlah mereka tenggelam [dalam kesesatan] dan bermain-main ...(Q.S. Az-Zukh-ruf: 83). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 فَٱصۡفَحۡ عَنۡہُمۡ وَقُلۡ سَلَـٰمٌ۬‌ۚ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka berpalinglah [hai Muhammad] dari mereka dan katakanlah: "Salam [selamat tinggal]." (Az-Zukhruf: 89). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[44] AD-DUKHAN (1 Ayat)
1 فَٱرۡتَقِبۡ إِنَّهُم مُّرۡتَقِبُونَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka tunggulah; sesungguhnya mereka itu menunggu [pula]. (Q.S. Ad-Dukhan: 59) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[45] AL-JATSYAH (1 Ayat)
1 قُل لِّلَّذِينَ ءَامَنُواْ يَغۡفِرُواْ لِلَّذِينَ لَا يَرۡجُونَ أَيَّامَ ٱللَّهِ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Katakanlah kepada orang-orang yang beriman hendaklah mereka mema’afkan orang-orang yang tiada takut akan hari-hari Allah ... (Al-Jatsiyah: 14). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[46] AL-AHQAF (2 Ayat).
1 قُلۡ مَا كُنتُ بِدۡعً۬ا مِّنَ ٱلرُّسُلِ وَمَآ أَدۡرِى مَا يُفۡعَلُ بِى وَلَا بِكُمۡ‌ۖ إِنۡ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰٓ إِلَىَّ وَمَآ أَنَا۟ إِلَّا نَذِيرٌ۬ مُّبِينٌ۬ إِنَّا فَتَحۡنَا لَكَ فَتۡحً۬ا مُّبِينً۬ا (١) لِّيَغۡفِرَ لَكَ ٱللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنۢبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعۡمَتَهُ ۥ عَلَيۡكَ وَيَہۡدِيَكَ صِرَٲطً۬ا مُّسۡتَقِيمً۬ا (٢)
Katakanlah: "Aku bukanlah rasul yang pertama
di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui
apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak [pula] terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan". (Q.S. Al-Ah-
qaf: 9)
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata . (1) supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan ni’mat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus, (Q.S. Al-Fath: 2)
2 فَٱصۡبِرۡ كَمَا صَبَرَ أُوْلُواْ ٱلۡعَزۡمِ مِنَ ٱلرُّسُلِ  ... فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar ... (Q.S. Al-Ahqaf: 35). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[47] MUHAMMAD (1 Ayat)
1  فَإِمَّا مَنَّۢا بَعۡدُ وَإِمَّا فِدَآءً 
dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan (Q.S. Muhammad: 4) إِن يَسۡـَٔلۡكُمُوهَا فَيُحۡفِڪُمۡ تَبۡخَلُواْ وَيُخۡرِجۡ أَضۡغَـٰنَكُمۡ
Ada yang menambahkan ayat lainnya di mansukh, Jika Dia meminta harta kepadamu lalu mendesak kamu [supaya memberikan semuanya] niscaya kamu akan kikir dan Dia akan menampakkan kedengkianmu. (Q.S. Muhammad: 37)
وَلَا يَسۡـَٔلۡكُمۡ أَمۡوَٲلَكُمۡ 
dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.
 (Q.S.Muhammad: 36)
[50] QAF (2 Ayat)
1 فَٱصۡبِرۡ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan (Q.S.Qaf: 39). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 نَّحۡنُ أَعۡلَمُ بِمَا يَقُولُونَ‌ۖ
Kami lebih mengetahui tentang apa yang mereka katakan,(Q.S. Qaf: 45). فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Sedangkan firman-Nya: maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
 وَمَآ أَنتَ عَلَيۡہِم بِجَبَّارٍ۬‌ۖ
 dan kamu sekali-kali bukanlah seorang pemaksa
 terhadap mereka. 
[51] ADZ-DZARIYAT  (2 Ayat)
1 وَفِىٓ أَمۡوَٲلِهِمۡ حَقٌّ۬ لِّلسَّآٮِٕلِ وَٱلۡمَحۡرُومِ   ... إِنَّمَا ٱلصَّدَقَـٰتُ لِلۡفُقَرَآءِ وَٱلۡمَسَـٰكِينِ وَٱلۡعَـٰمِلِينَ عَلَيۡہَا 
Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian. (Q.S. Adz-Dzariyat: 19) Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, .. (Q.S. At-Taubah: 60).
2 فَتَوَلَّ عَنۡہُمۡ فَمَآ أَنتَ بِمَلُومٍ۬  وَذَكِّرۡ فَإِنَّ ٱلذِّكۡرَىٰ تَنفَعُ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ 
Maka berpalinglah kamu dari mereka, dan kamu sekali-kali tidak tercela. (Q.S. Adz-Dzariyat: 54) Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfa’at bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Adz-Dzariyat: 55)
[52] ATH-THUR (1 Ayat).
1 وَٱصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعۡيُنِنَا‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami,(Q.S. Ath-Thur: 48). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[53] AN-NAJM (2 Ayat).
1 فَأَعۡرِضۡ عَن مَّن تَوَلَّىٰ عَن ذِكۡرِنَا فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka berpalinglah [hai Muhammad] dari orang yang berpaling dari peringatan Kami (Q.S. An-Najm: 29). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَـٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَٱتَّبَعَتۡہُمۡ ذُرِّيَّتُہُم بِإِيمَـٰنٍ أَلۡحَقۡنَا بِہِمۡ
dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. (Q.S. An-Najm: 39) Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka (Q.S. Ath-Thur: 21).
Dengan demikian maka Allah kelak di hari Kiamat akan menjadikan anak kecil berada pada timbangan amal bapaknya, dan Allah memberikan izin untuk memberi syafa'at kepada para bapak terhadap anak-anaknya, dan para anak terhadap bapak-bapaknya. Pengertian ini disimpulkan dari pengertian yang terkandung di dalam firman-Nya yang lain, yaitu:
 ءَابَآؤُكُمۡ وَأَبۡنَآؤُكُمۡ لَا تَدۡرُونَ أَيُّهُمۡ أَقۡرَبُ لَكُمۡ نَفۡعً۬ا‌ۚ 
[Tentang] orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat [banyak] manfa’atnya bagimu. (Q.S. An-Nisa: 11).
[58] AL-MUJADILAH (1 Ayat)
1 يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا نَـٰجَيۡتُمُ ٱلرَّسُولَ فَقَدِّمُواْ بَيۡنَ يَدَىۡ نَجۡوَٮٰكُمۡ صَدَقَةً۬‌ۚ  ءَأَشۡفَقۡتُمۡ أَن تُقَدِّمُواْ بَيۡنَ يَدَىۡ نَجۡوَٮٰكُمۡ صَدَقَـٰتٍ۬‌ۚ
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah [kepada orang miskin] sebelum pembicaraan itu.(Q.S. Al-Mujadilah: 12). Apakah kamu takut akan [menjadi miskin] karena kamu memberikan sedekah sebelum pembicaraan dengan Rasul? (Q.S. Al-Mujadilah: 13).
[60] AL-MUMTAHANAH  (3 Ayat)
1 لَّا يَنۡهَٮٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ لَمۡ يُقَـٰتِلُوكُمۡ فِى ٱلدِّينِ  إِنَّمَا يَنۡہَٮٰكُمُ ٱللَّهُ عَنِ ٱلَّذِينَ قَـٰتَلُوكُمۡ فِى ٱلدِّينِ وَأَخۡرَجُوڪُم مِّن دِيَـٰرِكُمۡ  ...
Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama (Q.S. Al-Mumtahanah: 8). Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu (Q.S. Al-Mumtahanah: 9).
2 يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا جَآءَڪُمُ ٱلۡمُؤۡمِنَـٰتُ مُهَـٰجِرَٲتٍ۬ فَٱمۡتَحِنُوهُنَّ‌ۖ فَإِنۡ عَلِمۡتُمُوهُنَّ مُؤۡمِنَـٰتٍ۬ فَلَا تَرۡجِعُوهُنَّ إِلَى ٱلۡكُفَّارِ‌ۖ
Hai orang-orang yang beriman, apabila datang berhijrah kepadamu perempuan-perempuan yang beriman, maka hendaklah kamu uji [keimanan] mereka.(Q.S. Al-Mumtahanah: 10). maka jika kamu telah mengetahui bahwa mereka [benar-benar] beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada [suami-suami mereka] orang-orang kafir.... (Q.S. Al-Mumtahanah: 10).
Ada juga yang berpendapat bahwa ayat ini dimansukh oleh firman-Nya:
بَرَآءَةٌ۬ مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦۤ
[Inilah pernyataan] pemutusan perhubungan daripada Allah dan Rasul-Nya [yang dihadapkan] ... (Q.S. At-Taubah: 1).
3 وَإِن فَاتَكُمۡ شَىۡءٌ۬ مِّنۡ أَزۡوَٲجِكُمۡ إِلَى ٱلۡكُفَّارِ فَعَاقَبۡتُمۡ 
Dan jika seseorang dari isteri-isterimu lari kepada
orang-orang kafir, lalu kamu mengalahkan mere
ka (Q.S. Al-Mumtahanah: 11).
Sampai dengan ayatnya:
وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ ٱلَّذِىٓ أَنتُم بِهِۦ مُؤۡمِنُونَ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nya kamu beriman. (Q.S. Al-Mumtahanah: 11) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[68] AL- QALAM (2 Ayat)
1 فَذَرۡنِى وَمَن يُكَذِّبُ بِہَـٰذَا ٱلۡحَدِيثِ‌ۖ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka serahkanlah [ya Muhammad] kepada-Ku [urusan] orang-orang yang mendustakan perkataan ini [Al Qur’an].(Q.S. Al-Qalam: 44). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 فَٱصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka bersabarlah kamu [hai Muhammad] terhadap ketetapan Tuhanmu, (Q.S. Al-Qalam: 48). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[70] AL-MA'ARIJ (1 Ayat)
1 فَذَرۡهُمۡ يَخُوضُواْ وَيَلۡعَبُواْ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka biarkanlah mereka tenggelam [dalam kebathilan] dan bermain-main ... (Q.S. Al-Ma'arij: 42). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[73] AL-MUZAMMIL (6 Ayat)
1&2 يَـٰٓأَيُّہَا ٱلۡمُزَّمِّلُ (١) قُمِ ٱلَّيۡلَ إِلَّا قَلِيلاً۬ (٢) نِّصۡفَهُ ۥۤ 
Hai orang yang berselimut [Muhammad], (1) bangunlah [untuk sembahyang] di malam hari kecuali sedikit [daripadanya], (2) (Q.S. Al-Muzammil: 1-2). [yaitu] seperduanya (Q.S. Al-Muzammil: 3).
Kemudian ayat ini dimansukh pula oleh ayat selanjutnya, yaitu:
 ۥۤ أَوِ ٱنقُصۡ مِنۡهُ قَلِيلاً 
atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, (Q.S. Al-Muzammil: 3)
Maksudnya kurangilah dari 1/2, yaitu sampai sepertiganya.
3 إِنَّا سَنُلۡقِى عَلَيۡكَ قَوۡلاً۬ ثَقِيلاً  يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُخَفِّفَ عَنكُمۡ‌ۚ 
Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat. (Q.S. Al-Muzammil: 5) Allah hendak memberikan keringanan kepadamu (Q.S. An-Nisa: 28).
4  وَٱهۡجُرۡهُمۡ هَجۡرً۬ا جَمِيلاً۬  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
 dan jauhilah mereka dengan cara yang baik. (Q.S Al-Muzammil: 10) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
5 وَذَرۡنِى وَٱلۡمُكَذِّبِينَ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Dan biarkanlah Aku [saja] bertindak terhadap orang-orang yang mendustakan itu, (Q.S. Al-Muzammil: 11). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
6  فَمَن شَآءَ ٱتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِۦ سَبِيلاً وَمَا تَشَآءُونَ إِلَّآ أَن يَشَآءَ ٱللَّهُ
Maka barangsiapa yang menghendaki niscaya ia menempuh jalan [yang menyampaikannya] kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Muzammil: 19) Dan kamu tidak dapat menghendaki [menempuh jalan itu] kecuali apabila dikehendaki Allah, (Q.S. At-Takwir: 29).
Akan tetapi ada sebagian yang berpendapat bahwa ayat di atas dimansukh oleh Ayatus Saif (Ayat Pedang).
[74] AL-MUDATSIR (1 Ayat)
1 ذَرۡنِى وَمَنۡ خَلَقۡتُ وَحِيدً۬ا  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Biarkanlah Aku bertindak terhadap orang yang Aku telah menciptakannya sendirian]. (Q.S. Al-Mudatsir: 11). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[75] AL-QIYAMAH (1 Ayat)
1 لَا تُحَرِّكۡ بِهِۦ لِسَانَكَ لِتَعۡجَلَ بِهِۦۤ  سَنُقۡرِئُكَ فَلَا تَنسَىٰٓ 
Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk [membaca] Al Qur’an karena hendak cepat-cepat [menguasai] nya]. (Q.S. Al-Qiyamah: 16) Kami akan membacakan [Al Qur’an] kepadamu [Muhammad] maka kamu tidak akan lupa, (Q.S> Al-A'la: 6).
[76] AL-INSAN (2 Ayat).
1 فَٱصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعۡ مِنۡہُمۡ ءَاثِمًا أَوۡ كَفُورً۬ا  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Maka bersabarlah kamu untuk [melaksanakan] ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di an
tara mereka. (Q.S. Al-Insan: 24)
maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
2 إِنَّ هَـٰذِهِۦ تَذۡكِرَةٌ۬‌ۖ فَمَن شَآءَ ٱتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِۦ سَبِيلاً۬  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Sesungguhnya [ayat-ayat] ini adalah suatu peringatan, maka barangsiapa menghendaki [kebaikan bagi dirinya] niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan: 29) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[80] 'ABASA (1 Ayat)
1 كَلَّآ إِنَّہَا تَذۡكِرَةٌ۬ (١١) فَمَن شَآءَ ذَكَرَهُ ۥ (١٢) وَمَا تَشَآءُونَ إِلَّآ أَن يَشَآءَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلۡعَـٰلَمِينَ
Sekali-kali jangan [demikian]! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan, (11) maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya, (12)[Q.S. 'Abasa) Dan kamu tidak dapat menghendaki [menempuh jalan itu] kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. At-Takwir: 29)
[86] ATH-THARIQ (1 Ayat)
1 فَمَهِّلِ ٱلۡكَـٰفِرِينَ أَمۡهِلۡهُمۡ رُوَيۡدَۢا فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Karena itu beri tangguhlah orang-orang kafir itu yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar. (Q.S. Ath-Thariq: 17) maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[88] AL-GHASIYAH (1 Ayat)
1 لَّسۡتَ عَلَيۡهِم بِمُصَيۡطِرٍ  فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka, (Q.S. Al-Ghasiyah: 22). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[95] AT-TIN (1 Ayat)
1 أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ ٱلۡحَـٰكِمِينَ فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya? (Q.S. At-Tin: 8). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).
[103] AL-ASHR (1 Ayat).
1 إِنَّ ٱلۡإِنسَـٰنَ لَفِى خُسۡرٍ (٢)   إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ (٣)
Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, (Q.S. Al-'Ashr: 2) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta’ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (Q.S. Al-'Ashr: 3)
[109] AL-KAFIRUN ( 1 Ayat)
1 لَكُمۡ دِينُكُمۡ وَلِىَ دِينِ (٦) فَٱقۡتُلُواْ ٱلۡمُشۡرِكِينَ حَيۡثُ وَجَدتُّمُوهُمۡ
Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". (Q.S Al-Kafirun: 6). maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu  di mana saja kamu jumpai mereka,... (Q.S. At-Taubah: 5).


Sebarkan !!! insyaallah bermanfaat.



             

ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                    

“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Sumber:
http://www.jadipintar.com/
Tafsir Jalalain jilid 4, Jalaluddin Al-Mahally dan Jalaluddin As-Suyuthi, penerbit: Sinar Baru Algensindo
Al-Qur'an Online

Posting Komentar untuk "Daftar Intisari dan Nasakh Pada Surat Az-Zumar Sampai Juz 'Amma"