Surga Hadiah Dari Allah Bagi Orang-Orang Yang Bertakwa

shares

Dalam banyak ayat al Qur'an Allah swt memberitahukan kepada para hambanya bahwa surga itu dihadiakan bagi orang-orang yang bertakwa. Diantaranya dapat kita lihat pada surat Qaf, az Zariyat, at Tur sebagai berikut:

Qur'an Surat Qaaf ayat 31 : "Sedangkan Surga itu didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat-tempat yang tidak jauh (dari mereka)"

Qur'an Surat az-Zariyat  ayat 15: "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air"

Qur'an Surat at-Tur ayat 17 : "Sesungguhnya orang - orang yang betakwa berada dalam surga dan kenikmatan"

Selain ayat di atas juga masih banyak kita jumpai pada ayat-ayat dan surat lain yang menyatakan bahwa sesungguhnya Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang bertakwa. Karena itu tidak ada pilihan bagi kita kecuali berusaha untuk mencapai derajat ketakwaan. Allah sudah berpesan kepada kita bahwa bekal yang paling baik untuk menghadap Allah adalah takwa. Cobalah kita renungkan pesan Allah berikut ini:

Surga Hadiah Dari Allah Bagi Orang-Orang Yang BertakwaQur'an Surat al Baqarah ayat 197 : "... berbekallah kalian (bawalah bekal), maka (ketahuilah) sebaik-baik bekal adalah takwa..."

Walaupun ayat di atas berbicara tentang ibadah haji dan memerintahkan jama'ah haji untuk membawa perbekalan, tetapi diujung perintah membawa bekal-Nya itu Allah menyelipkan berita bahwa sebaik-baik bekal itu adalah takwa bukan harta. Dengan kata lain dapat kita simpulkan bahwa bekal takwa itu harus lebih kita utamakan dari pada bekal harta, bukan sebaliknya. 
Begitu pentingnya bekal takwa kepada kita, maka Allah perintahkan kepada kita untuk meraihnya. Karena Allah menyatakan bahwa Takwa adalah tiket untuk memasuki surganya Allah swt. Marilah kita renungkan perintah Allah swt berikut ini:

Qur'an Surat Ali Imran ayat 133 : "Bersegerahlah kalian untuk mendapatkan ampunan dari Tuhan kalian (Allah) dan (mendapatkan) surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang Allah peruntukkan bagi orang-orang yang bertakwa"

Dari ayat di atas jelas Allah memerintahkan kepada kita untuk bersegerah meraih ampunannya dengan cara beristighfar memohon ampunannya, selalu bertobat kepadanya siang dan malam pagi dan petang. Seperti yang dilakukan oleh baginda Rasulullah yang tidak kurang dalam satu hari beristighfar kepada Allah 70 kali, padahal beliau adalah orang yang sudah dijamin ampunan dan rahmat dari Allah swt.

Pada ayat di atas Allah juga perintahkan kita untuk meraih surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang di dalamnya setiap orang akan merasakan dirinya seolah - olah seorang raja yang selalu dilayani kebutuhannya oleh para bidadari surga yang matanya cantik jelita. makan dan minuman yang tidak tertandingi oleh makanan dan minuman dunia. kasur yang empuk bertahtakan permata dan naungan yang sejuk serta mata air-mata air yang lezat dan indah. Tidak ada persaingan di dalamnya dan semua penghuninya merasa puas karenanya.  Dan di sisi Allah juga ada tambahan yaitu melihat wajah Allah swt sang pencipta manusia.

Pada ayat di atas juga Allah tegaskan bawah surga itu diperuntukkannya bagi orang-orang yang bertakwa kepadanya. Lantas apa itu takwa yang Allah perintahkan kita untuk berbekal kepadanya melebih bekal-bekal yang lainnya? Apa itu takwa yang membuat Allah menjadikannya sebagai kunci surga? Pada ayat berikutnya Allah menjelaskan sebagian dari sifat orang - orang yang bertakwa itu kepada kita.

Qur'an Surat Ali Imran ayat 134 : " Yaitu orang - orang yang berinfaq dalam keadaan lapang dan dalam waktu sempit, dan orang-orang yang sanggup mengendalikan amarahnya, dan orang-orang yang suka memaafkan kesalahan manusia dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan" 
....

Related Posts

0 komentar: