Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS-TIPS MENYIMPAN DAGING QURBAN YG BENAR:

Al-Ishlah │ Daging Qurban bisa disimpan dan tahan lama lebih dari 1 thn di dalam freezer.



TIPS-TIPS MENYIMPAN DAGING QURBAN YG BENAR:
(Agar tetap terjaga kualitasnya)

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman2 bisa masuk dan tinggal di dalam pori2 daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Nyucinya besok saja kalo pas mau masak daging.

Baca artikel tentang TIPS-TIPS MENYIMPAN DAGING QURBAN YG BENAR

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yg benar, potong2 daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yg lain tetap beku di dalam freezer. InsyaAllah daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 thn.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yg benar adalah letakkan daging beku tsb di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

Allaahu a'lam bish-showwab
_____

Nanung Danar Dono, Ph.D.
Direktur Halal Centre - Fak. Peternakan UGM
Sumber WA Grup

Baca juga Artikel Selanjutnya HIkmah - Lelaki Beristri Empat

Posting Komentar untuk "TIPS-TIPS MENYIMPAN DAGING QURBAN YG BENAR:"