Keistimewaan Al-Qur'an

shares

Al-Ishlah │ Keistimewaan Al-Qur'an - Sebagai pedoman hidup umat manusia, Al-Qur’an memiliki beberapa keistimewaan dankelebihan dibanding kitab-kitab suci lainnya, diantaranya:

1. Al-Quran memuat ringkasan dari aMaran-aMaran ketuhanan yang pernah dimuat kitab-kitab suci sebelumnya seperti taurat, zabur, ,injil dan lain-lain. Juga ajaran-ajaran dari Tuhan yang berupa wasiat. Al-Quran juga mengokohkan perihal kebenaran yang pernah terkandung dalam kitab-kitab suci terdahulu yang berhubungan dengan peribadatan kepada Allah Yang Maha Esa, beriman kepada para rasul, membenarkan adanya balasan pada hari akhir, keharusan menegakkan hak dan keadilan, berakhlak luhur serta berbudi mulia dan lain-lain.

2. Al-Qur’an memuat kalam-kalam Allah yang di Madikan pedoman hidup manusia sepanjang masa sehingga al-Qur’an memang dikehendaki Allah untuk kekal. Kewajiban kita menjaganya dari serangan pihak-pihak yang menginginkan al-Qur’an musnah dan mengubah kemurniannya. Meskipun kita tidak mampu menjaganya, maka Allah pasti akan menjaganya, dan Allah baik-baiknya dzat Yang Maha Penjaga.

3. Al-Qur’an adalah sumber ilmu pengetahuan. Sehingga seluruh fenomena yang terjadi di alam semesta yang merupakan ciptaan Allah juga tidak akan pernah kontradiktif dengan apa yang Dia ciptakan. Dari sudut inilah, maka kita menyaksikan sendiri betapa banyaknya kebenaran yang ditemukan oleh ilmu pengetahuan modern ternyata sesuai dan cocok dengan apa yang terkandung dalam Al-Quran. Jadi apa yang ditemukan adalah memperkokoh dan merealisasikan kebenaran dari apa yang sudah di firmankan oleh Allah Swt. sendiri.

4. Al-Quran diturunkan oleh Allah Swt. dengan suatu gaya bahasa yang istimewa, mudah,tidak sukar bagi siapa pun untuk memahaminya dan tidak sukar pula mengamalkannya, asal disertai dengan keikhlasan hati dan kemauan yang kuat. Allah Swt. menghendaki agar al-Qur’an dapat disyiarkan kepada akal pikiran dan seluruh pendengaran sehingga dapat menjadi kenyataan dan perbuatan.
Cukup Sekian artikel hari ini tentang Keistimewaan Al-Qur'an semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa share kebaikan kepada orang lain!  

Related Posts

0 komentar: