Pengertian/Definisi Paradigma

shares

Al-Ishlah │ Paradigma, Pengertian Paradigma, Definisi Paradigma,apa Itu Paradigma Pengertian/Definisi Paradigma

Berikut Ini Pembahasan secara lengkap Apa Itu Paradigma,Pengertian Paradigma dan Definisi Paradigma dari berbagai pendapat dan dari berbagai sumber,diantaranya dari Wikipedia dan Situs Situs lainnya.

Paradigma

Paradigma dalam disiplin intelektual adalah cara pandang seseorang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif). Paradigma juga dapat berarti seperangkat asumsi, konsep, nilai, dan praktik yang di terapkan dalam memandang realitas dalam sebuah komunitas yang sama, khususnya, dalam disiplin intelektual.

Kata paradigma sendiri berasal dari abad pertengahan di Inggris yang merupakan kata serapan dari bahasa Latin ditahun 1483 yaitu paradigma yang berarti suatu model atau pola; bahasa Yunani paradeigma (para+deiknunai) yang berarti untuk "membandingkan", "bersebelahan" (para) dan memperlihatkan (deik).


Paradigma


Paradigma adalah kumpulan tata nilai yang membentuk pola pikir seseorang sebagai titik tolak pandangannya sehingga akan membentuk citra subjektif seseorang – mengenai realita – dan akhirnya akan menentukan bagaimana seseorang menanggapi realita itu.


Paradigma


Pengertian Paradigma


Secara etimologis paradigma berarti model teori ilmu pengetahuan atau kerangka berpikir. Sedangkan secara terminologis paradigma berarti pandangan mendasar para ilmuan tentang apa yang menjadi poko kpersoalan yang semestinya dipelajari oleh suatu cabang ilmu pengetahuan. Jadi,paradigma ilmu pengetahuan adalah model atau kerangka berpikir beberapa komunitas ilmuan tentang gejala-gejala dengan pendekatan fragmentarisme yang cenderung terspesialisasi berdasarkan langkah-langkah ilmiah menurut bidangnya masing-masing.


Demikain Pengertian Paradigma,Definisi Paradigma Apa Itu Paradigma.


Semoga Tulisan "Pengertian/Definisi Paradigma (Apa Itu Paradigma,Pengertian Paradigma dan Definisi Paradigma)" ini Bermnafaat.mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan.

Related Posts

0 komentar: